Menghapus Virus Sality Sampai Tuntas

Menghapus Virus SalityMenghapus Virus Sality Sampai Tuntas. Seakan tidak ada habisnya virus yang satu ini. Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak pc yang sukses diserang virus sality. Antivirus biasa tidak dapat Menghapus Virus Sality Sampai Tuntas ke akar-akarnya. Kebanyakan antivirus langsung menghapus seluruh file yang terinfeksi. Tentu saja ini sangat merugikan jika sampai file system juga ikut terhapus.

Efek dari virus sality atau alman ini memang cukup menjengkelkan. Sekali menyerang, sality dapat menginfeksi seluruh file berekstensi *.exe di dalam hardisk tanpa ampun, termasuk file penting di system. Virus ini juga sangat lihai mematikan antivirus dan membuat windows tidak bisa masuk safe mode. Memang sebagian besar file yang terinfeksi masih bisa kita jalankan. Namun dengan satu file saja yang terinfeksi sality, mampu membuat komputer lain mengalami keadaan yang sama. Lalu bagaimana caranya Menghapus Virus Sality tanpa merusak sistem windows?

Sebelum mulai membersihkan virus sality, kita harus menghapus terlebih dulu file induknya. Sality sendiri menggunakan dua file induk yaitu wmdrtc32.dll dan wmdrtc32.dl_ Untuk menghapus kedua file tersebut silahkan ikuti langkah berikut

Menghapus Virus Sality

  1. Install dulu software unlocker. Software ini dapat membantu kita menghapus file yang tidak bisa terhapus.
  2. Buka exploler, masuk ke C:\Windows\System32\
  3. Cari file wmdrtc32.dll dan wmdrtc32.dl_ lalu hapus keduanya. Pilih "remove file" jika jendela Unlocker nanti muncul.
Sekarang kita telah berhasil menghapus file induk dari sality. Selanjutnya kita akan melakukan pembersihan total seluruh file dalam hardisk yang terinfeksi. Untuk melakukannya, kita harus menggunakan software antivirus yang dibuat khusus untuk membersihkan virus sality.

Ada beberapa pilihan antivirus yang bisa dicoba, namun saya lebih merekomendasikan RMSality bikinan produsen AVG. Selain gratis, rmsality merupakan software portable yang sangat mudah dioperasikan. Download rmsality di sini.

menghapus virus sality

Setelah download selesai, segera jalankan rmsality. RMsality akan melakukan scan seluruh hardisk keseluruhan. Setelah proses scanning selesai, ada beberapa file yang tidak bisa dibersihkan atau failed to clean selanjutnya pilihan reboot komputer. Biarkan rmsality melakukan reboot komputer, nantinya rmsality akan melakukan scanning sebelum masuk ke windows. Silahkan tunggu sampai selesai, prosesnya memang makan waktu cukup lama.

Jika semua langkah di atas dilakukan dengan benar, Insya Allah virus bandel satu ini bisa teratasi. Selamat, kamu telah berhasil Menghapus Virus Sality sampai tuntas ke akar-akarnya. Jangan lupa untuk melakukan update antivirus yang terbaru. Pastikan seluruh file yang masuk ke komputer kita harus melewati scan antivirus.

5 comments:

  1. thanks gan, sangat membantu

    ReplyDelete
  2. mantap kupasan artikelnya. sukses selalu.

    ReplyDelete
  3. Gan bener gakpapa kalau wmdrtc32.dll dan wmdrtc32.dl_ di hapus..?

    ReplyDelete
  4. KLO W32/RAMniT DI AVG namanYE aPA ye, WIN32/SLUgiN buKAN ?

    armstrong_product@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  5. terima kasih gan kicauanya....
    jangan lupa mampir juga ye di blog ane..
    www.BubeMob.com

    ReplyDelete